Pages

Banner 468 x 60px

 

Rabu, 23 Mei 2018

Tips dan Trik Backpacker Ala Mahasiswa

0 komentar

Sebagian orang mungkin akan mengira jika travelling ke suatu tempat baik luar kota maupun luar negeri membutuhkan biaya yang sangat besar untuk penginapan, makan, transportasi, dan lain sebagainya. Sebenarnya itu semua tergantung pada usaha dan niat traveller. Jika kita berusaha untuk meminimalisasi pengeluaran dan niat berwisata untuk mengunjungi banyak tempat, bukan untuk berbelanja pasti bisa kok menghemat pengeluaran. Di sini, aku akan mencoba untuk berbagi trik dan tips untuk ber-backpacker dengan biaya yang sangat murah.

1. Memastikan Jadwal Keberangkatan dan Tiba

Sebelum kamu memulai sebuah perjalanan, pastikan kamu memprediksi jadwal keberangkatanmu. Perhatikan jadwal pemberangkatan dan tiba saat akan memesan tiket. Jangan sampai setelah memesan kamu salah memilih jadwal. Usahakan jika itu kota pertama yang kamu kunjungi dan belum tahu akan ke mana atau siapa yang akan menjemput, jangan sekali-kali memilih jadwal yang tiba pada tengah malam atau setelah pukul 22.00 WIB. Alasannya karena pada jadwal tersebut sudah jarang ada trasnportasi umum, mushola atau mesjid sudah banyak yang dikunci, bahkan tempat makan hanya beberapa yang masih buka. Jadi, dari pada nanti kamu luntang-lantung tidak jelas setelah turun dari kereta carilah jadwal yang tiba pada pagi hari ketika orang-orang sedang memulai hari, siang hari, sore hari, atau malam yang tidak terlalu larut agar suasana masih ramai. Sehingga jika terjadi kemungkinan terburuk masih banyak orang yang bisa dimintai tolong.

2. Membuat Daftar Barang Bawaan

Namanya juga backpacker jadi yang dibawa hanya backpack atau ransel bukan koper besar yang akan muat dengan berbagai perlengkapan. Agar kebutuhan kamu terpenuhi tetapi tidak perlu banyak membawa peralatan, bawalah barang seperlunya dan usahakan membawa baju yang hanya akan dipakai. Jangan membawa baju seisi lemari ya! Ingat kamu akan berkendara sendiri atau bersama temanmu menggunakan kendaraan umum ekonomi yang bagasinya hanya akan muat untuk satu ransel saja atau koper kecil. Bayangkan jika kamu membawa koper besar dan menaiki kereta ekonomi dengan tempat duduk berhadap-hadapan dengan orang asing, pasti akan merepotkan diri sendiri dan orang lain. Belum lagi, ketika sampai di tempat tujuan kamu akan berjalan-jalan jauh sebelum sempat menyimpan barang-barang terlebih dahulu, betapa merepotkannya jika jalan-jalan harus menarik koper.

3. Mencari Orang yang Siap Menampung

Agar biaya penginapan dapat tertutupi carilah orang-orang yang kamu kenal di tempat tujuan kamu. Teman, saudara, sahabat, siapa saja yang dapat menampung, karena liburan ala backpacker itu akan sayang jika menyewa hotel dengan harga ratusan ribu yang hanya akan ditempati untuk tidur. Cari orang yang akan menampungmu sebanyak mungkin, jangan hanya berharap pada satu orang. Jika terdapat lima orang yang siap untuk menampungmu, itu akan semakin baik lagi.

Bagi yang tidak memiliki kenalan di tempat tujuanmu, manfaatkanlah media sosial. Sekarang sudah banyak group backpacker yang aktif. Cobalah untuk berkomunikasi dan jadikan mereka seolah-olah teman lama kamu, kemudian mintalah nomor kontak mereka yang bisa dihubungi atau email mereka yang valid untuk melanjutkan komunikasi. Cara ini sebaiknya diterapkan minimal dua bulan sebelum pemberangakatan, karena kamu harus berhati-hati dan lebih selektif memilih orang untuk menampungmu. Pilihlah mereka yang menurut kamu layak sebagai tempat untuk bermalam. Jika kamu adalah seorang perempuan pilihlan tempat bermalam yang dirumahnya ada ibu atau saudara perempuan, jangan di rumah kos.

Tetapi, jika masih belum menemukan tempat yang siap menampung. Kamu bisa mencari guest house, yang harganya lebih murah dari pada hotel. Rajin-rajinlah mencari di berbagai situs jasa pemesanan dan jangan lupa untuk membaca review atau tinjauan para tamu, biasanya tamu akan menceritakan setiap detail kelebihan dan kekurangan tempat tersebut mulai dari pelayanan, fasilitas, hingga lokasi. Rekomendasi pun penting, tanyakan pada warga asli yang mungkin kamu bisa tanyai tentang tempat tersebut.

4. Memastikan Tujuan Destinasi

Sebelum kamu berangkat untuk mengunjungi destinasi wisata pastikan bahwa kamu sudah menyusun peta perjalananmu. Pilihlah tempat-tempat satu arah agar dapat mengunjungi banyak tujuan destinasi. Jangan sampai kamu memilih tempat yang berlawanan arah, hal tersebut akan membuang waktumu dan membuatmu lelah di perjalanan. Jangan lupa pula, pastikan terlebih dahulu dari segi harga, tiket, uang makan, uang perjalanan, uang belanja jangan sampai belum apa-apa uang mu sudah habis. Pintar-pintarlah mengatur keuanganmu.

5. Pilihlah Transportasi yang Murah

Saat sampai di tujuan destinasi pasti memerlukan kendaraan untuk pergi ke banyak tempat. Jika kamu memiliki teman atau saudara yang mau meminjamkan kendaraannya selama di sana maka bersyukurlah. Sehingga kamu hanya akan mengeluarkan ongkos untuk bensin saja. Namun, jika tidak ada pilihlah transportasi yang murah, jangan manja harus naik kendaraan ber-AC. Terlebih saat ini banyak aplikasi yang menyediakan jasa transportasi yang praktis. Usahakan ketika pergi ke suatu tempat selama tempat itu masih bisa dijangkau, berjalanlah. Olahraga sedikit sembari berkenalan lebih dalam dengan keaadaan tempat destinasimu. Biasanya kamu akan merasakan kearifan lokal saat kamu tanpa sengaja sedang berjalan di tempat asing.

6. Pastikan Kuota Internetmu Penuh

Zaman semakin canggih, dengan benda dalam genggaman kamu bisa melakukan apapun dan pergi ke manapun. Sekarang sudah jarang sekali orang menggunakan peta, kebanyakan orang mengandalkan google map. Jadi, untuk kamu yang mengandalkan google map pastikan koneksi internetmu lancar dan pastikan pula baterai telepon genggammu penuh. Namun, jika kamu tersesat jangan takut dan jangan panik. Kamu masih memiliki alat indra yang diberikan Tuhan untuk berbicara, jadi bertanyalah. Terkadang saat kamu tersesat akan lebih banyak mendapat pengalaman dan cerita yang kamu dapat.

7. Meninggalkan Kebiasaan Lama

Bangunlah sepagi mungkin. Kalau perlu sebelum tuan rumah bangun, kamu sudah bangun terlebih dahulu. Jika melihat keaadaan kamar berantakan berinisiatiflah untuk membereskannya. Ingat kamu bukan sedang tinggal di kamar hotel yang apapun dilayani. Ketika berpergian pun jangan banyak mengeluh, nikmati saja. Kebiasaan makan mewahmu tunda dulu, cobalah sensasi makan sederhana. Carilah tempat makan yang tidak menghabiskan uang terlalu banyak, biasanya tempat tersebut ada di daerah kampus atau sekitaran tempat kos mahasiswa.

Itulah sedikit tips dan trik agar kamu dapat menjadi backpacker tanpa harus menguras tabunganmu. Sebenarnya besar atau kecilnya sebuah biaya yang dikeluarkan tergantung pada individu masing-masing. Namun, selama kita masih bisa berhemat dan mandiri kenapa kita tidak mencobanya?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jurnalis Muda © DKP (Mala) - 2018