Pages

Banner 468 x 60px

 

Minggu, 13 Mei 2018

Do It Yourself – Inspirasi Kertas Bekas menjadi Berkelas

0 komentar








Banyak orang berpendapat kertas-kertas bekas atau kertas sisa dari sekolah itu langsung dibuang atau dibakar saja. Bahkan tidak jarang ditemukan kertas bekas yang berisi tulisan-tulisan itu sudah ada di pedagang-pedagang kaki lima, seperti pedagang gorengan. Jika kamu yang melihat sendiri kalau di atas kertas itu salah satunya adalah tulisanmu, apa yang kamu rasakan?

Kamu pasti punya hobi atau kegemaran, kan? Seperti menulis cerpen, novel, puisi, atau membaca, mendengarkan musik, mengumpulkan barang-barang unik, dan sebagainya. Itu semua adalah hobi. Hobi sendiri adalah ketertarikan seseorang akan suatu hal, benda atau barang sehingga orang tersebut berusaha untuk mencari, mengumpulkan, bahkan menyimpannya di tempat yang khusus atau spesial. Pada tulisan ini penulis akan berbagi pengalaman seputar hobi yang memang menurut mayoritas anak muda atau orang awam ini membosankan. Apalagi hobi ini membutuhkan keseriusan dan rasa niat dengan tingkat tinggi. Hobi ini adalah Origami atau seni melipat kertas.

Semenjak budaya jepang, mulai dari musik, dorama, gaya berpakaian, hingga pengetahuan dari minat dan bakat kreativitas orang-orang Jepang mulai memasuki diri orang Indonesia. Salah satunya adalah seni melipat kertas atau origami. Sebenarnya Origami adalah hal atau kegiatan yang sudah sering terdengar belakangan ini. Sudah juga orang yang mengetahui langkah-langkah untuk membuat kreasi ini. Tetapi penulis ingin memberikan sesuatu hal yang berbeda.

Origami berasal dari dua kata yaitu ori dan gami. Tidak hanya kertas di Jepang sendiri bisa juga menggunakan kain sebagai bahan pembentuknya. Sebuah kerja dari origmai merupakan suatu hasil karya tangan sendiri yang sangat teliti dan halus pada pandangan. Kreasi origami yang sering kita ketahui berasal dari kertas-kertas yang baru atau kertas yang memang didatangkan langsung dari negeri Sakura, Jepang tersebut. Harganya pun tidak terbilang murah. Belum lagi biaya tambahan untuk pajak yang digunakan, karena didatangkan langsung dari negara asal origami ini. Hal itu pasti sudah biasa. Tentunya juga membutuhkan banyak materi untuk membelinya. Saat ini, khusus untuk kamu yang memiliki banyak kertas bekas atau kertas yang sudah tidak terpakai lagi di rumah, kamu tidak usah khawatir dan tidak usah repot-repot untuk menjualnya ke tukang jual beli barang bekas. Kamu bisa membuatnya berkelas. Origami tidak hanya menghasilkan boneka-boneka saja, tetapi bisa mneghasilkan puluhan hingga ratusan kreasi unik dan lucu. Terlebih karya tersebut berasal dari hasil tangan kamu sendiri. Manusia yang kreatif dapat mengkreasikan kertas-kertas tersbut menjadi hasil yang memiliki nilai yang berkelas.

Kreasi melipat kertas tidak selalu menjadi primadona, tetapi selalu memiliki masa-masa terbelakang. Pasalnya, origami memang untuk orang-orang memiliki kesenangan terhadap paper art. Bahkan dari mereka membuat beberapa komunitas bagi penyuka kreasi seni lipat atau origami ini. Tujuannya adalah untuk mewadahi kreativitas, ide untuk megembagkan hobi-hobi mereka dan mengenalkan kepada yang lain bahwa origami bisa membunuh rasa bosan dengan menghasilkan barang dan benda buatan sendiri.

Hobi ini memang membutuhkan cukup kesabaran bagi yang melakukannya. Tetapi kamu harus bersabar dan percaya bahwa kesabaranmu akan menjadikan origami itu indah dan bernilai jual tinggi. Dengan tidak membuang langsung kertas-kertas tersebut kamu bisa menjadikannya sebagai hiasan di kamar. Misalnya, dengan membuat origami boneka tiga dimensi (3D) yang dibuat dari kertas-kertas bekas. Kamu bisa memiliki kebanggaan tersendiri dapat menciptakan kreasi tersebut. Terlebih boneka-boneka tersebut dapat kamu jual kepada teman-teman dengan harga yang sedikit miring. Boneka-boneka tersebut dapat kamu jadikan hadiah untuk orang-orang tersayang, saat mereka ulang tahun, wisuda, dan sebagainya. Buatan tangan sendiri akan menjadi lebih bermakna karena setiap satu lipatan kertas tersebut ada niat dan cinta yang tersalurkan.

Sumber: google.co.id
Hal pertama yang dapat kamu lakukan jika mempunyai banyak kertas bekas di rumah yaitu untuk tidak membuangnya atau menjualnya.

1. Carilah beberapa referensi origami yang akan kamu biat. Misalnya dengan memulai dari origami yang paling mudah. Sekecil apapun kreasi yang sudah kamu hasilkan, jangan pernah untuk membuangnya. Hargai itu. Kamu akan bangga akan dengan buah karya tangan sendiri.

2. Mulailah dengan cara-cara yang sudah kamu pahami sebelumnya. Pelajari teknik melipat kertas yang sudah dipelajari sebelumnya. Bisa untuk pemula mencoba berbagai bentuk hewan, bunga atau bentuk lainnya.

3. Setelah mencoba berbagai kreasi kertas lipat, kamu bisa mencoba untuk mencoba yang lebih sulit. Tentu hal sulit membutuhkan kesabaran tingkat tinggi dan ketelitian lebih dalam. Di sini kamu akan dilatih keduanya hingga origami yang kamu buat menunjukkan bentuk indahnya. Terlebih dari kertas bekas yang tidak terpakai pasti akan memiliki perbedaan dan menjadikan kertas terbut naik kelas karena mempunyai bentuk lain.

4. Untuk menutupi bentuk dari kertas bekas karena kertas bekas pasti sudah memiliki tulisan atau coretan di atas kertas tersebut, kamu bisa mewarnai kertas tersebut sesuai dengan warna kesukaanmu.

5. Nah, kreasi-kreasi unik itu bisa kamu abadikan di dalam kamar. Dengan kemasan unik agar tidak berdebu bisa dilapisi dengan plastik bening.

Sudahkah kamu mencoba kegiatan origami? Walaupun belum ada niat sepenuhnya, mungkin dengan melihat tumpukan kertas yang membuat nyamuk berdatangan, kamu bisa tertarik membuatnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jurnalis Muda © DKP (Mala) - 2018