Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 01 Mei 2018

Sambut Ramadan 1439 H

0 komentar
Sumber: holidays calender

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi semua umat islam yang menjalankanya, oleh karena itu suasana bulan ramadan setiap tahunya tak henti-henti menjadi penghibur yang selalu ditunggu-tunggu kaum muslim di dunia. Contohnya saja beribu-ribu keutamaan dan kebaikan dengan pahala yang berlimpat ganda. Ampunan Allah bertebaran dimana-mana memenuhi setiap ruang dan tanpa mengenal batas dan waktu, bagi setiap orang yang bersungguh-sungguh ingin diampuni dosa-dosanya. Akan menyadari, tidak berbuat kebaikan dan dosa-dosa akan diperhitungkan pada hari perhitungan kelak. Setiap orang yang merindukan bulan suci Ramadan sudah pasti Allah akan mengangkat derajat orang tersebut.

Bulan ramadhan dianjurkan sekali untuk sering-sering beribadah karena nilai ibadah kita perbuat akan dilipat gandakan. Seperti pelaksanaan salat sunah yang apabila dilaksanakan di bulan ramadhan akan mempunyai nilai pahala yang berlimpat ganda, salat wajib apabila dilaksanakan akan mendapat pahala sebanyak tujuh puluh kali dari yang biasanya. Selain itu, berbeda dari bulan biasanya keadaan masjid jika dibandingkan pada saat bulan Ramadan dan bulan yang lain akan sangat berbeda. Pada hari-hari biasa, masjid sangat jarang dikunjungi untuk melaksakan salat berjamaah namun dibulan ramadan akan sangat berbeda, yakni sangat banyak sekali orang datang untuk salat berjamaah ke masjid. Kemudian salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan dan keberkahan besar dari bulan ramadhan adalah yakni melalui sedekah terhadap orang yang tidak mampu. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah saat bulan ramadhan dan demikian lah sepatutnya akhlak seorang mukmin.

Hendaknya seorang muslim khawatir, jika tidak ada perasaan gembira pada saat akan datangnya Ramadan. Perasaan biasa-biasa saja dan tidak ada hal yang istimewa. Orang seperti itu tidak akan mendapatkan kebaikan yang banyak. Allah berfirman, “Katakanlah: ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” (QS. Yunus [10]: 58). Dan hadis Syaikh Shalih Al-Fauzan menjelaskan, Kabar gembira bagi hamba Allah yang shalih dengan datangnya Ramadhan. Karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam memberi kabar kepada para sahabatnya radhiallahu ‘anhum mengenai datangnya Ramadan. Ini bukan sekedar kabar semata, tetapi maknanya adalah bergembira dengan datangnya momen yang agung”. Jadi sudah jelas, sambutlah Ramadan dengan hati yang lapang dan penuh kegembiraan.

Seseorang akan menjadi tenang ketika menjalankan puasa dengan khusyuk, sehingga bulan Ramadan yang sangat penuh berkah akan menjadi suatu momen atau suasana yang indah terutama bagi umatnya yaitu umat yang beragama islam. Sayang sekali momen indah tidak akan terjadi jika tidak mendekatkan diri kepada Allah, karena barang siapa yang menjalankan puasa dan hal yang baik dibulan ramadan akan diberkahi selama hidupnya. Sebenarnaya bulan Ramadan adalah bulan yang suci dan penuh berkah. Meskipun perut dalam keadaan kosong dan bibir kering, akan tetapi kehidupan yang tentram, hidupnya hati, hidupnya kemenangan, dan dapat menahan hawa nafsu. Maka barang siapa yang dapat mengalahkan hawa nafsunya maka akan mampu mengalahkan musuh. Ramadan adalah hidupnya hubungan yang erat dan kepercayaan kepada Allah. Maka ramadhan akan menjadi lebih indah dan menjadi bulan yang mulia jika menjalankan nilai-nilai keagamaan yang dapat membangunkan perasaan dan memberikan pengaruh ketenangan dalam hati setiap orang.

Amalan-amalan yang baik saat menyambut bulan suci Ramadan, pertama amalan hati, ketika menyambut Ramadan hati harus lapang dan gembira, begitu sangat mulianya bulan Ramadan sehingga menyambutnya saja akan selamat dari api neraka. Kedua berziarah, mengirim doa dan bertawasul untuk orang-orang yang sudah meninggal dunia agar mereka diberi keselamatan. Ketiga saling memaafkan, sebelum memasuki bulan suci Ramadan sebaiknya memberesihkan diri terlebih dahulu, saling memaafkan sesama umat muslim terutama keluarga, teman-teman, dan orang-orang terdekat. Kempat berbagi, berbagi rejeki yang kita dapatkan dengan orang-orang yang membutuhkan, seperti memberi makanan dan pakaian ke panti asuhan, panti jompo, anak jalanan, dan orang-orang yang berkebutuhan khusus. Selain itu memberesihkan musola dan rumah pun sangat dianjurkan.

Berbagai kegiatan yang biasa dilakukan pada saat bulan suci Ramadan seperti lomba pidato, loba azan, lomba kali gerapi, lomba salawat, lomba kosidah, dan membaca al-quran yang diadakan disetiap diniah atau madrasah. Sedangkan yang biasa dilakukan organisasi-organisasi tertentu biasanya mengadakan ngabuburit bersama, buka puasa bersama, membagikan takjil, salat berjamaah setelah berbuka dan melakukan kegitan-giatan sosial untuk membantu mengurangi beban sesama. Semua kegitan dilakukan agar mendapatkan rido Allah, mengisi bulan suci Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Oleh karena itu bulan suci Ramadan adalah suasana bulan yang penuh kegembiraan, ketaatan, bulan yang penuh keindahan yang menjadi bekal kekuatan, dan bulan yang dapat menyejukan hati dan pikiran. Maka sambutlah bulan suci dengan rasa gembira dan isilah dengan amalan-amalan baik, kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk semua orang. Janganlah menjadi manusia yang rugi, hanya mendapatkan pahala dari menahan rasa lapar dan haus saja selama puasa, akan tetapi mendapatkan pahala dari kuat menahan hawa nafsu dari bergai problem kehidupan yang berubah-ubah dan tidak menentu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jurnalis Muda © DKP (Mala) - 2018